Nonton Bersama Film Nyai Ahmad Dahlan

KAGAMA mBangun Karimunjawa

KAGAMA Berbagi: Investigasi Fraud dengan Narasumber Haryoko R. Wirjosoetomo
Gedung Pusat UGM, 28 Oktober 2017;  Pendaftaran http://tinyurl.com/fraud-yk-kv

Nonton Bersama Film Nyai Ahmad Dahlan

Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 dan Sapta Warsa Kagama Virtual, akan diselenggarakan beberapa kegiatan yang sekaligus menjadi upaya nyata mendukung lebih berkembangnya ekonomi kreatif khususnya film. Kegiatan tersebut antara lain :
1. Silaturahmi Kagama DIY dan sekitarnya dengan mengenakan batik.
2. Pemutaran Film “Nyai Ahmad Dahlan” sebagai karya salah satu Putra terbaik Alumni Gadjah Mada, Dyah Kalsitorini yang berperan sebagai Produser Film ini. Penayangan film ini dilakukan khusus untuk Kagama dan keluarga.
3. Penggalangan Beasiswa Kagama untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa UGM.
Ketiga kegiatan tersebut dirangkum dalam kegiatan “Nonton Bersama Film Nyai Ahmad Dahlan” pada tanggal 20 Agustus 207 pukul 09.30 WIB di Empire XXI Jl. Urip Sumoharjo, Yogyakarta. Reservasi ke http://tinyurl.com/nyai-ahmad atau ke 087834180070

SEKILAS NYAI AHMAD DAHLAN

Sosok Nyai Ahmad Dahlan sangat istimewa, karena beliau adalah satu-satunya tokoh perempuan Muhammadiyah yang telah ditetapkan Pemerintah RI sebagai Pahlawan Nasional.
Ditetapkannya Nyai Ahmad Dahlan sebagai Pahlawan Nasional, tentu bukan hanya karena dia seorang istri KH Ahmad Dahlan. Tapi, karena memang Nyai Ahmad Dahlan adalah seorang pejuang pendidikan dan kesejahteraan sosial, seorang pejuang emansipasi perempuan di Indonesia, sehingga Negara menganggap layak mengangkatnya jadi Pahlawan Nasional.
Dengan adanya film Nyai Ahmad Dahlan, masyarakat akan lebih mengetahui sosok Nyai Ahmad Dahlan, satu-satunya perempuan yang pernah memimpin Muktamar Muhammadiyah. Selama ini masyarakat kurang banyak mendapat informasi tentang Nyai Ahmad Dahlan. Bahkan, buku atau data tertulis tentang Nyai Ahmad Dahlan juga masih sangat minim. Selama ini KH Ahmad Dahlan lah yang lebih banyak dikenal luas. Padahal, dibalik sosok KH Ahmad Dahlan yang berhasil merintis dan membesarkan Muhammadiyah sebenarnya ada sosok perempuan hebat, yaitu Nyai Ahmad Dahlan.
Nyai Ahmad Dahlan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 10 November 1971 dengan Surat Keputusan Presiden no 42/TK Tahun 1971, saat Presiden RI dijabat oleh Soeharto. Presiden RI pertama Ir. Seokarno secara pribadi sangat mengenal Nyai Ahmad Dahlan. Hal ini karena Ir. Soekarno pernah menjadi pengurus Muhammadiyah bagian pendidikan di Bengkulu. Ibu Fatmawati, istri Bung Karno, adalah anak Ketua Muhammadiyah Bengkulu, Hasan Din.
Pada saat Ibukota Republik Indonesia pindah dari Jakarta ke Yogyakarta 4 Januari 1946, Presiden Seokarno menyempatkan diri berkunjung ke rumah Nyai Ahmad Dahlan di Kauman, Yogyakarta. Saat itu Nyai Ahmad Dahlan sudah dalam keadaan sakit karena usia. Nyai Ahmad Dahlan wafat dalam usia 74 tahun pada 31 Mei 1946, 10 bulan setelah Kemerdekaan RI. Hadir mewakili Pemerintah RI dalam acara pemakaman Nyai Ahmad Dahlan pada waktu itu adalah HM Rasjidi, Menteri Agama, dan Sekretaris Negara Abdoel Gaffar Pringgodigdo.

SEKILAS BEASISWA KAGAMA

Dalam rangka optimalisasi peran jaringan alumni dan almamater sebagai ajang kontribusi untuk kesejahteraan rakyat dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara, maka KAGAMA Virtual berusaha mewujudkannya salah satunya dengan adanya Beasiswa Kagama.
Tercatat selama 6 tahun lebih dijalankan, program ini telah berhasil menyalurkan sejumlah Rp 654.000.000 (enam ratus lima puluh empat juta rupiah) kepada 193 mahasiswa berbagai fakultas di Universitas Gadjah Mada. Beasiswa sebesar Rp 90.000.000 (sembilan puluh juta rupiah) akan disalurkan kepada 30 mahasiswa pada November 2017 mendatang.
Dalam nobar Kagama sebelumnya berhasil terkumpul dana untuk beasiswa sebesar Rp 25 juta.

SEKILAS KAGAMA VIRTUAL

Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Virtual merupakan sarana untuk berinteraksi, diskusi, sharing informasi dan pengetahuan antar alumni UGM dalam suatu grup Facebook.
Dengan menggunakan nama akun grup Facebook “KAGAMA”, sejak diluncurkan tahun 2010
hingga saat ini tercatat jumlah anggotanya mencapai sekitar 20 ribu orang yang terdiri dari para alumni yang pernah menimba ilmu di UGM baik tingkat Diploma 3, Strata 1, Strata 2 dan Strata 3.
Selain inisiatif Beasiswa Kagama, Kagama Virtual juga sudah menginisiasi Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri di lereng Merapi tahun 2012 dan Mbangun Karimun tahun 2016.

Film Nyai Ahmad Dahlan direncanakan akan tayang di bioskop mulai 24 Agustus 2017.
Film ini dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, dan David Chalik yang berperan sebagai KH Ahmad Dahlan dengan Produser Dyah Kalsitorini (Kagama).

1 Comment

  1. Alhamdulillah, ada acara yang sangat menarik buat semua orang.

    Dapat hiburan nonton dan bisa membantu mahasiswa meski secara berjamaah, karena sebagian uang yang masuk dipotong biaya pelaksanaan akan disumbangkan 🙂

    Insya Allah, aamiin YRA

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*