Katamata Coffee

KAGAMA mBangun Karimunjawa

KAGAMA Berbagi: Investigasi Fraud dengan Narasumber Haryoko R. Wirjosoetomo
Gedung Pusat UGM, 28 Oktober 2017;  Pendaftaran http://tinyurl.com/fraud-yk-kv

Katamata Coffee

 

 

Keberadaan Katamata tidak akan lepas dari komunitas Pemuda Pecinta Alam Gunungkidul. Tahun 2010, Katamata berdiri dengan dua alasan. Pertama sebagai dana usaha kegiatan komunitas dan yang kedua untukmemberikan lapangan pekerjaan bagi anggota. Katamata berdiri untuk pertama kali sebagai penyedia jasa wisata minat khusus terutama petualangan dengan nama Katamata Adventure. Kegiatan adventure yang selalu kami lakukan ternyata diminati oleh orang awam sebagai wisata minat khusus dan dari situlah kami mulai bergerak dalam penyediaan jasa wisata minat khusus. Dan kegiatan jasa ini berkembang ke pendidikan lingkungan seperti paket edu-trip, edu-tour, dan edu-camp terutama pengenalan ekosistem karst.

Kebutuhan akan peralatan outdoor selama kegiatan komunitas maupun jasa wisata minat khusus ternyata naik, sehingga tanggal 10 Oktober 2011 Katamata Adventure membuka usaha jual beli peralatan adventure dan awal 2012 membuka usaha sewa peralatan adventure. Dalam pelaksanaan usaha baik penyedia jasa maupun jual-beli/sewa, sharing profit tetap diberlakukan dengan prosentase 50% pelaku usaha, 30% dana pengembangan, 20% dana usaha organisasi. Namun prosentase tersebut bersifat dinamis,tergantung kondisi keuangan dan kegiatan sosial organisasi. Sebagai contoh, pada saat pelaksanaan programadopsi air, dana usaha organisasi dinaikkan menjadi 40% dan semua dialokasikan untuk program adopsi air.

Selama organisasi PPA-Gk dan Katamata berjalan, basecamp tidak lagi cukup untuk menampung anggota dan relawan sehingga kegiatan rapat dan latihan dipindahkanke tempat lain. Seringnya kegiatan kumpul membuat kami beride untuk membuat wadah dan tempat berkumpul bagi anggota dan relawan. Sehingga awal 2016 dibuatlah angkringan dengan label Katamata Coffee and Adventure. Februari 2016 kami mulai tertarik ke kopi dan melakukan riset pasar terkait kedai kopi dan tanggl 1 maret 2016, Katamata Coffee resmi dibuka sebagai kedai dengan format angkringan sebagai media diskusi dan sharing informasi. Lambat laun format kedai angkringan mengalami perubahan. Akhir tahun 2016, format angkringan diubah menjadi kedai. Lanjut ke awal tahun 2017, kami menyediakan alat roasting sehingga tak hanya menyediakan minuman kopi tapi juga kopi mulai dari green bean (kopi biji), roasted bean (kopi sangrai), dan grounded coffee (kopi bubuk).

Dan kini, kami tidak hanya menyediakan  kopi lokal, tapi juga kopi seluruh nusantara. Kopi yang kami sediakan tidak hanya reguler dan berbagai kelas (A,B,C), tapi juga kopi premium hingga specialty. Kopi dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena kopi kami proses secara mandiri mulai dari green bean. Kami juga menjual kopi dalam berbagai paket, mulai dari paket modern coffee, single origin, dan paket cupping. Kami juga menyediakan berbagai alat manual brewing untuk menyajikan kopi di rumah. Selain itu, kami juga menyediakan ‘Mobile coffee’, yaitu kedai kopi yang berpindah sesuai dengan keinginan pelanggan dan dapat dibooking. Tempat tidak terbatas karena moblitas kami menggunakan kendaraan 4×4/trail (mobile coffee sementara hanya beroperasi di Gunungkidul dan sekitarnya). Titik berat kami tetap pada edukasi dan kegiatan komunitas sehingga kami juga membuat channel YouTube ‘Katamata Coffee’ dengan program ‘CoffeeEverywhere’ yang release setiap hari selasa pukul 12.00. Program ini mencoba mengemas edukasi dan pengenalan kopi dengan format santai namun memiliki visi mengajak khalayak umum untuk mengenal dan melestarikan lingkungan.

 

Alamat:
Katamata Coffee
Jl. Karangmojo Km.2, RT.01/04, Selang 4, Selang, Wonosari,Gunungkidul, Yogyakarta 55851
Sms/telp/WA : 087838867966
Fanpage Facebook / Instagram / Google Map / YouTube : Katamata Coffee

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*